Profil Pengurus

DEWAN PIMPINAN PENGURUS  
Bambang Suseno  

Bambang Suseno ST, CIIB
Ketua Umum

Bambang adalah Ketua APARI periode 2016-2020. Hal ini adalah ketiga kalinya secara berturut-turut beliau berkecimpung menjadi pengurus APARI. Pada periode sebelumnya, beliau diamanatkan sebagai Sekretaris Jenderal, dan sebelumnya menjadi Ketua Departemen Organisasi dan Sosial. Visi beliau adalah meningkatkan kualitas dan integritas anggota asosiasi.

Beliau telah memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman di industri asuransi yang sepenuhnya hanya fokus pada perusahaan pialang asuransi, baik lokal maupun internasional. Beliau bekerja Untuk Pialang Asuransi Bimantara Graha, Mitra Jasa Pratama, Marsh Indonesia, dan Aon Indonesia selaku country sales leader.

Beliau adalah Insinyur Sipil yang bersemangat dalam memberikan solusi risiko konstruksi, pembangkit listrik dan infrastruktur, di antara berbagai sektor lainnya. Bagi beliau, pekerjaan adalah ibadah.

 

Mardhianto SE, CIIB, CRGP
Ketua-1

Mhd. Taufik Arifin

 

Mhd. Taufik Arifin SE, CIIB, RFP
Ketua-2

Berpengalaman 34 tahun di dunia asuransi. Taufik mengawali karirnya sebagai agen asuransi jiwa dan asuransi umum. Di industri broker asuransi ia pernah bekerja di IBS antara tahun 1988 sampai dengan 1996.  Tahun 1995 ia bersama dengan teamnya menjadi juara nasional Biz Game Championship yang diselenggarakan oleh IBM dan berhak mewakili Indonesia di tingkat Asia Pacific. Dan kemudian ia sukses pula menjadi juara tingkat Asia Pacific di Sydney Australia.

Akhir tahun 1996 ia mendirikan VBS insurance broker dan sukses mengantarkan perusahaan itu meraih peringkat ke 2 perusahaan Enterprise 50 tingkat nasional yang selanggarakan oleh ACCENTURE consulting dan HIPMI.

Tahun 2006 Taufik mendirikan L&G Insurance Broker dan menjadi CEO hingga saat ini.

11A 

 

M. Dede Kurniadi ST, CIIB
Sekretaris Jenderal

Aktif sebagai Anggota Departemen Keanggotaan APARI sejak organisasi profesi untuk ahli pialang asuransi dan reasuransi ini diaktifkan kembali pada tahun 2009. Setahun kemudian diangkat menjadi Ketua Departemen Keanggotaan APARI menggantikan Bapak Nanan Ginanjar yang terpilih sebagai Ketua Umum APPARINDO dan tetap mendapatkan amanah sebagai Ketua Departemen Keanggotaan APARI untuk periode kepengurusan tahun 2012-2016.

Memulai karir di Industri Pialang Reasuransi sejak awal tahun 2000 dan hingga saat ini, Industri Pialang Reasuransi merupakan industri dimana sebagian besar karirnya dijalankan. Awal kariernya dimulai di PT. Asiare Binajasa Reinsurance Brokers sampai tahun 2011 kemudian dilanjutkan sebagai Direktur Utama PT. ProAsia Broker Asuransi. Terakhir menjabat sebagai Deputi Direktur PT. Andalan Resiko Lestari Reinsurance Brokers pada tahun 2014 hingga saat ini.

Pengabdian dan totalitas terhadap organisasi merupakan komitmen yang sejak awal ditanamkan saat dipercaya menjadi pengurus APARI. Kemajuan organisasi APARI sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi para anggotanya

 

 

Agus Bardjono CIIB
Wakil Sekretaris Jenderal

8A wooden 102  

Drs. Sunardi, Ak. CIIB.
Wakil Bendahara

Karir terakhirnya saat ini adalah sebagai direktur di salah satu perusahaan pialang asuransi terbesar yaitu PT. BGIB Insurance Brokers. Dipercaya sebagai Wakil Bendahara untuk periode 2012-2016, setelah sebelumnya memberikan dukungan peran aktifnya di industri Asuransi.

Dedikasinya dan loyalitasnya dalam industri ini, telah memberikan kontribusi yang sangat bermanfaat bagi perkembangan Organisasi APARI.

 

 

Erly Fajarini S. Kom, SE. As, CIIB
Wakil Bendahara

 

BADAN PENDIDIKAN & PENGEMBANGAN PROFESI (BP3)  
10 wooden 102    

Ismet Uprani, AAAI-K, CIIB
Ketua Badan Pendidikan & Pengembangan Profesi (BP3)

Telah berkiprah di industri asuransi dan reasuransi selama 26 tahun, dimulai saat bergabung dengan PT Reasuransi Indonesia (Re-Indo) selama kurang lebih 18 tahun.

Kemudian bergabung di PT Gelora Putra Reinsurance Broker, salah satu anak perusahaan PT Bank Dagang Negara ( Mandiri ), sebagai Direktur Utama. Secara khusus telah berpengalaman dalam posisi sebagai konsultan asuransi secara aktif pada PT. PJB Kantor Pusat Surabaya selama 5 (lima) tahun dari tahun 1997 - 2003.

Mempertimbangkan keperduliannya terhadap dunia pendidikan dalam industri Asuransi, maka saat ini ia terlibat aktif sebagai Ketua Badan Pendidikan & Pengembangan Profesi (BP3) APARI.

   

Was'an Shaufenni SE, CIIB

Wakil Ketua

 12A
 

Drs. Agus Murdono, CIIB
Anggota

Karir saat ini adalah sebagai Vice President di PT. BGIB Insurance Brokers, setelah selama bertahun-tahun aktif di industri perasuransian Indonesia. Dengan Jaringan yang sangat luas yang dimilikinya, serta memberikan kontribusi yang sangat baik didalam organisasi baik APPARINDO (d/h ABAI), hingga sampai saat ini di APARI (d/h HAPSI), membuatnya menjadi salah satu Ketua Departemen Organisasi dan Sosial yang telah memberikan kontribusi besar, terutama dari segi peningkatan kualitas Anggota melalui peyelenggaraan beberapa Seminar, Inhouse Training dan Workshop yang diadakan oleh APARI dari Departemen ini.

 Abdul Rohman  
Abdul Rohman ST, ME. Sy., AAAI-K, CIIB
Anggota

Lulusan dari Politeknik Universitas Indonesia jurusan Teknik Mesin (D3-1995), Universitas Krisnadwipayana jurusan Teknik Mesin (ST – 1998) dan Program Pasca Sarjana Master Ekonomi Syariah dari Universitas Azzahra (S2-2011).

Sejumlah kualifikasi professional diperoleh Abdul Rohman yaitu Ajun Ahli Asuransi Indonesia Kerugian (AAAIK) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Ahli Pialang Asuransi Indonesia (APAI) dan Certified Indonesia Insurance Broker (CIIB) dari Asosiasi Ahli Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APARI).

Mulai bekerja di industri non asuransi selama lebih dari 3 tahun (1995-1998) dan di industry asuransi lebih dari 18 tahun dengan pengalaman di teknikal dan marketing asuransi umum.

Mulai berkarir di PT. Astra Daihatsu Motor sebagai Engineering Staf (1995-1998), kemudian sebagai Coordinator of Underwriting & Claim di PT. Asuransi Bintang Tbk (1999 – 2003), sebagai Marketing Manager di PT. Batavia International (2003 – 2004), sebagai Assistant Vice President - Senior Claim Controller di PT. Asuransi Bintang Tbk.(2004 – 2010), sebagai Assistant Vice President Broking di PT. Axle Asia (2010 – 2013), sebagai Assistant Vice President – Compliance & Claim di PT. Rimas Proteksindo Utama (2014 – 2016) dan terakhir sebagai Komisaris Utama di PT. Mitra Jasa Pratama (2017).

Berkiprah dikepengurusan Asosiasi Ahli Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APARI) di mulai pada tahun 2015 sebagai anggota Departemen Organisasi dan Sosial, kemudian pada tahun 2016 sebagai anggota Departemen Sistem Informasi Manajemen dan terakhir di kepengurusan periode 2016-2020 sebagai anggota Badan Pendidikan & Pengembangan Profesi (BP3).
   
Teguh Candera SE, CIIB
Anggota

 

BADAN SERTIFIKASI & AKREDITASI KUALIFIKASI PROFESI (BSAKP)
   
Gatot Kardioko AMd As. K, AAI-K, CIIB
Ketua

   
I Ketut P. Swastika, AAI-K, CIIB, ANZIIF (Snr. Assoc.), CIP
Wakil Ketua

   
Salusra Satria SE, MBA, AAAI-J, CIIB
Anggota

   
Arief Wiadi CIIB, ANZIIF (Snr. Assoc.), CIP, AIIS
Anggota

   
Ade Achmad Hernajad STp, CIIB, AAI-K, AAK, AMRP, QIP, CPIE, ICPU, ICBU
Anggota

 

DEPARTEMEN KEANGGOTAAN DAN KEPATUHAN
   

I Putu Kusumahadiwidjaja AAAI-J, QIP, AAK, CIIB
Ketua

Evi  

Evi Budiawati CIIB
Wakil Ketua

Dini Irawati  

Dini Irawati SH, CIIB
Anggota

Dini lulus dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada tahun 2002 dan kemudian bekerja sebagai penasihat hukum & asisten notaris. Pada awal tahun 2005, beliau memulai karirnya di industri asuransi dengan bekerja di PT. Asuransi Sinar Mas pada Health & Personal Lines. Pada akhir tahun 2005, beliau bergabung dengan PT. Jardine Llyod Thompson pada Employee Benefits. Pada pertengahan 2009 sampai dengan saat ini, beliau bekerja dengan PT. Willis Indonesia - Divisi Health & Benefits sebagai salah satu Kepala Divisi.

   

Roy Kerry Kosasih B. Bus, AAAI-K, CIIB, ANZIIF (Snr. Assoc.), CIP, CIIB
Anggota

   

Endang Suparman SE, CIIB
Anggota

 

DEPARTEMEN ORGANISASI
   

Fuad Hasan Sampulawa SE, MM, CIIB
Ketua

Dandy Yudhistira  

Dandy Yudhistira B. Comm, CIIB
Wakil Ketua

Dandy telah memiliki pengalaman sebagai pialang asuransi sudah lebih dari satu dekade. Beliau menangani berbagai segmen risiko termasuk risiko industri, afinitas, akun global dan karyawan. Sebelumnya, beliau bekerja di Aon Indonesia dan diikuti dengan beberapa perusahaan pialang asuransi dalam negeri terkemuka (BGIB Insurance Brokers & MIR Insurance Brokers). Dalam perjalanan karirnya, beliau bertanggung jawab dalam pengembangan bisnis, penempatan asuransi untuk akun lokal dan internasional utama, serta pengembangan tim. Saat ini beliau menjabat sebagai Associate Director di Pan Asia Insurance Brokers (PT PAIB Indonesia).

Beliau memperoleh gelar sarjana Commerce in Insurance and Electronic Commerce dari Deakin University, Melbourne, Australia dan kualifikasi Certified Insurance and Reineurance Brokers (CIIB) melalui APARI, yang diakui oleh Badan Jasa Keuangan Indonesia (OJK).

Ine Hasanah  

Ine Hasanah CIIB
Anggota

 Dani  

Dhany Iskandar AAAI-K, CIIB
Anggota

Sahidi  

Sahidi Bintoro SE. As, CIIB
Anggota

 

DEPARTEMEN SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Auditya Brilliant  

M. Auditya Brilliant MSc, AAAI-K, AAAK, CIIB
Ketua

Auditya bergabung di kepengurusan APARI pada tahun 2016 ini. Walaupun baru bergabung dalam kepengurusan APARI, beliau memiliki gagasan untuk memberi kemudahan bagi anggota APARI dilihat dari aspek teknologi sistem informasi.

Beliau telah berkecimpung dalam dunia asuransi selama lebih dari 5 tahun. Memulai karirnya di Asuransi Wahana Tata dan saat ini berkarir di AMS Insurance Brokers, membuat beliau dapat memiliki pandangan secara lebih komprehensif baik dari sisi perusahaan asuransi maupun perusahaan pialang asuransi.

Secara akademis, beliau cukup serius untuk fokus pada perasuransian. Terbukti dengan mendalami program pasca sarjana dibidang manajemen risiko di Glasgow Caledonian University, Inggris Raya, serta beberapa sertifikasi dibidang asuransi yang telah didapatkannya.

   

Justin Hermijanto CIIB
Wakil Ketua

   

Irna Maretta Sari S. Ikom, APAI
Anggota

   

Dewi Setyowati APAI
Anggota

Jerry Firsonia  

Ir. Jerry Firsonia AIIS, CIIB
Anggota

Jerry adalah seorang Mechanical Engineer dari Institut Sains dan Teknologi Nasional Jakarta dan juga telah menyelesaikan Sertifikat Program Manajemen Bisnis di Prasetya Mulya Jakarta.

Beliau memulai karir profesionalnya di industri asuransi sejak tahun 1997 dengan bergabung di PT Bahtera Arthaguna Parama, Loss Adjuster dan Surveyor Company. Kemudian, beliau pindah ke beberapa perusahaan Pialang Asuransi antara lain: PT. Mitra Iswara & Rorimpandey, PT. Manunggal Bhakti Suci, PT. Kalibesar Raya Utama dan PT. Jaya Proteksi Sakti. Selama periode ini, beliau meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dan mengikuti pelatihan lokal dan internasional di Singapura dan Jepang.

Dia kemudian mengakhiri karir hampir 20 tahun untuk fokus pada ikonoa solusindONEsa, Konsultan Klaim Asuransi Profesional dan Agency.

 

DEPARTEMEN HUBUNGAN EKSTERNAL
Ricky Natapradja  

Ir. R. Ricky S. Natapradja CIIB, ANZIIF (Snr Assoc.) CIP.
Ketua

Ricky telah menjadi anggota aktif APARI sejak 2010 dan pada periode kepengurusan 2012-2016 beliau turut berperan serta aktif dalam pengurus apari APARI selaku Head of Public Relations dan IT. Pada periode kepengurusan 2016-2020, beliau ditunjuk sebagai Kepala Bagian Hubungan Eksternal.

Ricky adalah Insinyur Sipil yang berkualitas dengan kualifikasi pasca sarjana di bidang Bisnis (Manajemen & Keuangan) dan Manajemen Teknik dari Sydney Australia, di mana dia telah tinggal selama 25 tahun. Beliau memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman bekerja di Wilayah Asia Pasifik, yang sebagian besar berada di Industri Jasa Keuangan. Selama 10 tahun terakhir, dia telah memegang beberapa posisi senior di industri asuransi.

Beliau juga memiliki kualifikasi profesional dibidang perasuransian seperti Ahli Pialang Asuransi Indonesia (APAI), Certified Insurance & Reinsurance Broker (CIIB) dan ANZIIF Senior Associate, CIP. Selain itu, beliau juga menyelesaikan beberapa pelatihan asuransi di Lloyds Insurance Markets di London dan Hong Kong.

   

Ir. Taufik Hasan Basri CIIB
Wakil Ketua

   

Daya Wulandari CIIB
Anggota

   

Jansen Sulaeman CIIB, AAAI-K, ANZIIF (Snr. Assoc.), CIP
Anggota

   

Farhanu Haryanto ANZIIF (Fellow), AAAI-K, APAI
Anggota