DEVELOPING AN EFFECTIVE BUSINESS PLAN : “How to Write a Winning Business Plan in the Era of Industry 4.0”

DEVELOPING AN EFFECTIVE BUSINESS PLAN : “How to Write a Winning Business Plan in the Era of Industry 4.0”

APARI, Jakarta 01 Oktober 2019 – Tidak terasa tahun 2019 hanya tinggal 1/4 tahun lagi, namun APARI konsisten untuk terus memberikan Inhouse Training dan Seminar guna terus meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan pengalaman para anggotanya.  Dengan mengambil tema DEVELOPING AN EFFECTIVE BUSINESS PLAN : “How to Write a Winning Business Plan in the Era of Industry 4.0” dan bertempat di Hotel Kartika Chandra, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 18 – 20, Jakarta maka dilaksanakanlah IHT ini dengan pemateri Bapak Jerry Marmen, M.S, M.Ec., M.Mgt., Ph.D., beliau adalah seorang dengan pengalaman 29 tahun sebagai Dosen, Peneliti dan Konsultan Spesialis Perencanaan Strategis.

Ada 2 (dua) acara yang dilakukan APARI pada hari ini, yaitu IHT pada sesi pagi dan Wisuda Akbar 2019 pada sesi siang.  Dalam pemaparannya dihadapan sekitar 200 orang peserta seminar, Bapak Jerry Marmen menjelaskan bagaimana mengkombinasikan antara teori dan praktek serta pengalaman-pengalaman beliau dalam merancang dan mengembangkan rencana bisnis, khususnya pada perusahaan pialang asuransi.

Salah satu hal menarik yang dijelaskan beliau adalah bagaimana revolusi industri mulai ada dan berkembang dari Industry 1.0 (1784) yang ditandai dengan adanya penemuan permesinan, tenaga uap dan mesin tenun.  Industry 2.0 (1870) dengan adanya produksi massal, pabrik-pabrik pemasangan.  Industry 3.0 (1969) dengan automasi dari komputer dan elektronik dan Industry 4.0 (2011) yang ditandai dengan bangkit industri-industri yang bergerak melalui jaringan internet dan cyber system.

Pada bagian lain, beliau juga menjelaskan bagaimana sebuah rencana bisnis harus benar-benar dipersiapkan dengan baik dan dapat dipresentasikan kepada seluruh khususnya para pemegang saham dan investor.  Rencana bisnis yang kuat antara lain dapat menarik investor, memastikan ide-ide bisnis dapat berjalan, mengamankan dan-dana tambahan dan tentu saja menemukan rencana-rencana kontigensi apabila diperlukan.

JF/SIK/011019

Leave a Reply

Close Menu