Natural Catastrophe Seminar

Natural Catastrophe Seminar

APARI, Jakarta – Mengawali tahun 2019 ini, APARI bersama dengan ANZIIF pada hari ini Senin, tanggal 21 Januari 2019, menyelenggarakan kegiatan Seminar & Networking “Natural Catastrophe Seminar” bagi Anggota APARI, Pelaku Bisnis Asuransi dan Pialang Asuransi serta Masyarakat Umum yang bertempat di Grand Ball Room, Grand Hyatt Hotel, Jakarta.

Pembicara tunggal pada Seminar kali ini adalah Mr.  Karl Amstrong, ANZIIF Fellow.  Beliau adalah Praktisi Asuransi yang sudah berpengalaman selama 47 tahun dengan capaian tertinggi “ANZIIF Lifetime Achievement Award 2017” dan merupakan Former Chief Risk Officer of IAG New Zealand.

Seminar bencana alam yang disponsori oleh PT. Asuransi Jasaraharja Putra, PT. Asuransi Asei dan PT. Asuransi Astra ini diikuti sekitar 250 orang peserta yang berasal dari berbagai perusahaan.

Bapak Bambang Suseno, ST, CIIB, ANZIIF (Snr. Assoc.) selaku Ketua Umum APARI periode 2016 – 2020, dalam kata sambutannya, menyatakan bahwa seminar dilaksanakan salah satunya disebabkan adanya 3 (tiga) peristiwa bencana alam yang cukup besar yang terjadi di Indonesia sejak Agustus 2018 sampai Januari 2019, peristiwa-peristiwa tersebut adalah, Gempa bumi di Nusa Tenggara Barat, Tsunami dan Likuifaksi di Sulawesi Tengah dan Tsunami di Selat Sunda, Banten.

Seminar ini di moderatori oleh Bapak Arief Wiadi, CIIB, ANZIIF (Snr. Assoc.) CIP, AIIS, Anggota Badan Sertifikasi dan Akreditasi Kualifikasi Profesi (BSAKP).  Dalam salah satu paparan presentasinya, Mr. Karl Amstrog menceritakan mengenai besarnya dampak kejadian gempa bumi dan likuifaksi yang terjadi di Kaikoura, NZ pada 14 November 2016 lalu.   Beliau melanjutkan bahwa 15 bulan setelah kejadian 98% dari klaim yang terjadi dapat diselesaikan.

Karl Amstrong juga menjelaskan definisi dari “catastrophe” atau “natural hazard” dari sisi Underwriting, bagaimana menilai dan mempertimbangkan faktor-faktor risiko dan penerimaaan risiko tersebut dari berbagai hazard, seperti kemungkinan erupsi vulkanik, gempa bumi, banjir, tsunami dan lain-lain.

Seminar ini ditutup dengan sesi “question and answer” dengan menampilkan juga Panelis Berpengalaman, Bapak Heddy Pritasa dari PT. Reasuransi MAIPARK Indonesia.  Peserta sangat antusias untuk mendalami dan bertanya mengenai topik ini, tercatat 3 pertanyaan langsung dan 3 pertanyaan lain melalui online datang dari peserta.

JF/SIK/210119

Leave a Reply

Close Menu